Blog

 
Tips aman berkendara saat musim hujan amgcarcare.net

Saat musim hujan tiba dan banyak genangan air di jalanan membuat berkendara dengan mobil semakin waspada, terlebih apabila disaat mengejar waktu. Kecelakaan dapat terjadi apabila kurang berhati - hati saat berkendara saat hujan, melewati jalan yang licin dan berlubang yang sering tertutup genangan air. Sempatkan waktu untuk mengecek mobil ketika akan berkendara dimusim hujan seperti ini. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Lihat semua kondisi ban
Kondisi jalanan yang licin dan berlubang tentu harus didukung dengan kondisi ban yang baik. Jangan sampai ban kempes ketika digunakan untuk berkendara saat hujan, cek tekanan angin pada masing - masing ban.


2. Periksa semua lampu
Saat berkendara dengan kondisi hujan, lampu kan sangat membantu ketika penglihatan jarak pandang sudah tidak jelas. Periksa semua lampu mulai dari lampu depan atau lampu utama, lampu belakang dan lampu rem dapat menyala dengan baik. Serta yang tidak kalah penting adalah lampu sen untuk aman pada saat berkendara. Pada saat kondisi hujan disarankan untuk menyakan lampu utama dan yang perlu diingat jangan pernah menyalakan lampu hazard. Penggunaan lampu hazard akan membuat pengendara yang ada di belakang menjadi kesulitan dan pengendara lain menjadi tidak peka saat kita memperlambat laju kendaraan.


3. Periksa kontrol utama
Pastikan semua bagian seperti kemudi, pedal gas, pedal rem, dan kopling dapat berfungsi dengan baik. Pada saat hujan bagian kontrol utama tersebut harus bekerja ekstra dan tidak boleh ada yang rusak atau macet sedikitpun. Kerana kita tidak akan pernah atau apa yang akan terjadi serta bagaimana keadaan jalanan yang licin dan frekuensi hujan yang ada. Pastikan semua dalam kondisi baik, normal dan tidak macet.

Sebagai pengendara mobil ketika sedang terjebak dalam kondisi hujan deras, hal lain yang perlu diperhatikan adalah melihat kondisi medan dan frekuensi hujan yang ada. Jika hujan sangat lebat mengakibatkan jarak pandang kita sudah terbatas alangkah baiknya untuk berhenti menepi dahulu. Serta ketika wiper sudah tidak bisa menjaga kaca mobil kembali jernih disarankan untuk menepi terlebih dahulu. Berhentikan mobil di pom bensin terdekat atau rest area, jangan menepi di bawah pohon, karena dapat berbahaya ketika hujan deran disertai angin pohon bisa tumbang dan mengenai mobil. Jika terpaksa harus menepi di tepi jalan usahakan untuk menyalakan lampu hazard untuk memberikan tanda kepada pengendara lain.
Apabila dirasa hujan sudah tidak deras, bisa melanjutkan kembali perjalanan dengan melihat kondisi dan jarak pandang yang lebih baik. artikel by nana.

Apabila Anda tidak punya waktu untuk melakukan perawatan mobil anda.

Kami siap melakukan jasa detailing mobil anda, AMG CAR CARE siap membantu untuk memberikan perawatan terbaik detailing mobil anda.

Share: